Perbedaan Mesin 1,6 VS 1,5 Liter Nissan Juke

mesin

Jakarta, KompasOtomotif — Di sesi penutup teori Eco and Fun Driving pada Acara 1st Juke Day, Sentul City, Citeureup, kemarin (21/10), pembicara dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) menjelaskan sekelumit tentang Nissan Juke, termasuk perbedaan varian yang dijual di Indonesia dan beberapa negara lain.

Juke Indonesia
“Di sini Nissan hanya menjual Juke bermesin 1,5 liter, sedangkan di Jepang dan beberapa negara lain ditawarkan mesin 1,6 liter turbocharger,” beber Caraka Heru Prabowo dari IDDC.

Mesin 1,5 liter menggunakan kode HR15DE dengan sistem pasokan bahan bakar multi-point injection (MPI). Bensin tidak langsung disemprotkan ke ruang bakar atau silinder, tetapi ke lubang isap (intake) di depan katup isap. Teknologi lain yang tersedia adalah dua injeksi (dual injection) dan juga variabel katup ganda yang disebut Nissan sebagai dual continuously variable valve timing control (dual CVTC).

1,6 Liter Turbo DI
Kebetulan salah satu tamu yang hadir pada acara tersebut membawa Juke versi Turbo yang dibeli dari importir umum (IU). Alhasil, lebih mudah membandingkan antara mesin 1,6 liter dan 1,5 liter. Dijelaskan, mesin 1,6 liter menggunakan kode MR16DDT dengan sistem injeksi langsung atau direct injection (DI). Pada sistem ini, bahan bakar atau bensin diinjeksikan langsung ke dalam silinder atau ruang bakar, sama dengan cara menyemprotkan bahan bakar pada mesin diesel.

Tambahan lain, turbocharger dengan intercooler. Tenaga yang dihasilkan mesin pun mencapai 188 PS dengan torsi 240 Nm.

Editor : Zulkifli BJ
Iklan

Posted on 3 Januari 2013, in Perbedaan Mesin 1,6 VS 1,5 Liter Nissan Juke. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Perbedaan Mesin 1,6 VS 1,5 Liter Nissan Juke.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: