Sistem Setir Kontrol Independen dari Nissan (Bagian 2)

setir

Dua motor listrik
Sebenarnya, dua motor listrik pada rumah setir, juga bukan hal baru. Pada mobil masa kini – untuk mengirit tenaga – power steering juga menggunakan motor listrik. Pemasangan bisa saja di batang setir atau di rumah setir. Nah, pada setir terbaru Nissan ini, motor listrik yang juga berfungsi sebagai power steering – berada di rumah setir (rek). Bedanya, Nissan menggunakan dua motor listrik, bekerja sendiri-sendiri (independen) untuk menggarahkan posisi roda depan!

Nissan menggatakan, dengan sistem baru ini, gerakan antara lingkaran setir dengan ban bisa dipindahkan secara langsung (diklaim tanpa ada keterlambatan) atau sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh pengemudi. Alhasil, grip atau kontrol ban akan bisa dirasakan langsung oleh pengemudi.
Dengan kondisi tersebut, pada permukaan jalan yang kasar, pengendalian bisa dilakukan leih baik lagi. Arah roda dijaga dan dikontrol oleh aktuator sudut setir (rumah setir). Hal yang menarik, sistem juga bisa memberikan informasi kepada pengemudi, salah satu roda atau keduanya beraa di permukan jalan yang licin.
Stabilitas
Dengan menggunakan kamera yang memantau kondisi di depan mobil secara terus-menerus, dipastikan arah laju mobil selalu sejajar dengan marka (garis jalan). Kamera akan menganalisis jalan di depan, memastikan jalur, mendeteksi perubahan arah mobil dan meneruskan informasi tersebut nke komputer berupa sinyal elektronik.
Jika terjadi penyimpangan, komputer mengontrol arah sudut roda dengan memberikan tenaga  berlawanan. Karena kerja pengemudi semakin mudah (tidak perlu mengoreksi setir), maka untuk menempuh perjalanan jauh, keletihan dapat dikurangi.
Perubahan arah belok roda bisa saja terjadi karena jalan miring, angin yang brhembus dan kencang dari samping. Dengan itu pula, stabilitas saat meluncur lurus ke depan (biasanya kecepatan tinggi) bisa pertahankan.
Sistem keamanan
Nah, bagaimana bila tiba-tiba sistem elektronik bermasalah atau arus listrik dari baterai terputus? Para insinyur Nissan sudah memikirkan solusinya. Fakor ini pula yang menyebabkan sistem mekanis digunakan.Kopling yang menghubungkan batang setir atas dan bawah, akan meneruskan tenaga dari lingkaran setir ke rumah setir.Kendati demikian, untuk menjaga sistem bekerja dengan pasti, tiga komputer akan saling memantau kondisi masing-masing. Nah, bila salah satu rusak, tugas kontrol diambil alih oleh yang lain.
Sumber: Nissan Motor Co. Ltd
Editor : Zulkifli BJ
Iklan

Posted on 3 Januari 2013, in Sistem Setir Kontrol Independen dari Nissan (Bagian 2) and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Sistem Setir Kontrol Independen dari Nissan (Bagian 2).

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: